Kamis, 03 Januari 2013

Semua Siswa Dapat Mengikuti SNMPTN 2013




Ada kabar gembira bagi siswa yang ingin mengikuti SNMPTN 2013, Sebab Semua siswa peserta ujian nasional SMA/ MA/SMK 2013 berhak mendaftarkan diri sebagai peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Akan tetapi harus memenuhi syarat SNMPTN 2013, data mereka harus dimasukkan ke dalam Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan direkomendasikan oleh kepala sekolah.

Hal itu mengemuka dalam sosialisasi SNMPTN di Unnes Kampus Sekaran Gunungpati, Kamis (3/1). Narasumber dalam sosialisasi itu adalah Kepala UPT Humas Unnes Sucipto Hadi Purnomo, Ketua Badan Pengembangan Teknologi dan Informasi (BPTIK) Unnes Sugiyanto, serta anggota tim sosialisasi Suhadi dan Ali Formen. Sosialisasi diikuti kepala SMA/MA/SMK se-Kota Semarang, Kendal, Batang, Kabupaten Pekalongan, dan Kota Pekalongan.

Kepala UPT Humas Unnes sekaligus Ketua Tim Sosialisasi SNMPTN, Sucipto Hadi Purnomo mengatakan, SNMPTN Jalur Undangan tahun 2012 berbeda dari  SNMPTN tahun ini.
Pada tahun 2013 semua siswa boleh direkomendasikan dan didaftarkan dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain.

Pendataan di PDSS sudah dilakukan kepala sekolah sejak 17 Desember 2012 hingga 8 Februari 2013.
”Tidak hanya nilai rapor siswa kelas XII yang mesti diisikan, tetapi juga kelas X dan XI. Karena itu, jangan pernah beranggapan siswa tertentu tidak akan mendaftar dan kemudian tidak mengisikan datanya ke PDDS. Sebab, dengan begitu berarti merampas hak siswa,” kata Sucipto.

Tidak Sulit

Sementara itu, Sugiyanto yang juga sekretaris Tim Sosialisasi SNMPTN mengatakan, tidaklah sulit untuk mengisikan nilai rapor semua siswa ke pangkalan data itu. ”Tinggal copy paste, nggak sampai satu jam selesai. Sebab, sudah ada data base nilai dalam format digital,” katanya.

Dia menjelaskan, setiap akhir semester kepala sekolah dapat mengisikan nilai rapor siswanya. ”Dengan begitu, nanti tidak akan ada sulapan nilai pada saat menjelang kelulusan atau ketika mau mendaftar lewat SNMPTN,” ungkap Sugiyanto.

Sebelumnya, saat membuka sosialisasi tersebut, Dr Agus Wahyudin mengemukakan tentang prinsip SNMPTN untuk membangun kebersamaan dan kepercayaan dengan sekolah dan antar-PTN di seluruh Indonesia.

”SNMPTN juga merupakan bagian dari edukasi nasional untuk meningkatkan kemampuan penggunaan teknologi informasi dan kejujuran bagi generasi muda terdidik,” katanya sambil mengingatkan SNMPTN 2013 merupakan nama lain SNMPTN Undangan 2012 dengan perubahan beberapa ketentuan.

Sumber : suaramerdeka.com

Semua Siswa Dapat Mengikuti SNMPTN 2013 Reviewed by Indahnya Islam On Kamis, 03 Januari 2013, at 23.32 Rating: 5
DMCA.comSaat ini kamu sedang membaca artikel "Semua Siswa Dapat Mengikuti SNMPTN 2013" by Indahnya Islam pada hari Kamis, 03 Januari 2013 waktu 23.32, dalam kategori , . Kamu boleh menyebarluaskan artikel Semua Siswa Dapat Mengikuti SNMPTN 2013 ini dengan menyertakan link sumber dari blog ini. Mudah-mudahan Artikel Mengenai Semua Siswa Dapat Mengikuti SNMPTN 2013 yang ada di blog Bali Wooden Furniture ini bisa bermanfaat bagi semuanya.