Kamis, 03 Januari 2013

Explanation Text Examples


Pada pembahasan sebelumnya ogut sudah memberikan informasi mengenai pengertian beserta contohnya recount text, report text, descriptive text, discussion text dan narrative text, maka dalam kesempatan yang baik ini ogut akan menambahkan tentang explanation text.

Apa itu explanation text ?

Explanation Text merupakan sebuah teks yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, soisal, ilmu pengetahuan, budaya dan lainnya. Sebuah Explanation text biasanya berasal dari pertanyaan penulis terkait ‘why’ dan ‘how’ terhadap suatu fenomena yang ada.

Adapaun tujuan dari Explanation text adalah untuk menerangkan proses-proses yang terjadi dalam pembentukan atau kegiatan yang terkait dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya yang bertujuan menjelaskan.

Generic Structur Explanation Text

Dalam explanation text harus terdapat tiga unsur bagian struktur kalimat Explanation Text, yaitu:
  • General statement
    Dalam general statement berisi tentang penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas, bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya.
  • Squenced of explanation
    A squenced of explanation berisi tentang penjelasan proses mengapa fenomena tersebut bisa terjadi atau tercipta. A squenced of explanation berupa jawaban dari pertanyaan ‘why’ dan ‘how’ penulis ketika membuat sebuah Explanation text. Dalam squenced of explanation bisa terdiri lebih dari satu paragrap.
  • Closing
    Sebenarnya closing itu tidak tercantum dalam generic structure dari Explanation text, tetapi kebanyakan orang beranggapan bahwa paragrap terakhir dari sebuah Explanation text adalah closing, padahal itu merupakan bagian dari squenced of explantaion yang berisi tentang langkah akhir yang dijelaskan pada bagian squenced of explanation.

Supaya lebih mengetahui lebih detail dari explanation tersebut, maka explanation text harus terdapat ciri-ciri yang diantaranya adalah
  1. Menggunakan simpel present tense
  2. Mengguankan abstract noun (kata benda yang nampak)
  3. Mengguanakan Passive voice
  4. Menggunakan Action verbs

Nah supaya lebih paham dan jelas ogut akan memberikan  Contoh Explanation Text yang bisa kamu pelajari dibawah ini
  1. Contoh Explanation Text About Tsunami

Explanation Text Examples Reviewed by Indahnya Islam On Kamis, 03 Januari 2013, at 15.14 Rating: 5
DMCA.comSaat ini kamu sedang membaca artikel "Explanation Text Examples" by Indahnya Islam pada hari Kamis, 03 Januari 2013 waktu 15.14, dalam kategori . Kamu boleh menyebarluaskan artikel Explanation Text Examples ini dengan menyertakan link sumber dari blog ini. Mudah-mudahan Artikel Mengenai Explanation Text Examples yang ada di blog Bali Wooden Furniture ini bisa bermanfaat bagi semuanya.