Selasa, 01 Januari 2013

Cara Meredam Rasa Gelisah dan Kecemasan


Apakah teman-teman pernah atau bahkan sering mengalami rasa cemas dan gelisah ? Rasa cemas dan gelisah karena suatu hal dapat mempengaruhi kegiatan Anda sehari-hari seperti mengganggu tidur. Segera atasi kecemasan agar tidak semakin buruk dan menyebabkan gangguan depresi.

Kecemasan dapat diredakan dengan mengambil obat penenang atau anti depressan, tetapi akan lebih baik jika Anda dapat mengatasinya dengan cara yang lebih alami untuk menghindari efek samping yang mungkin disebabkan karena konsumsi obat jangka panjang.

Berikut 6 cara yang dapat Anda lakukan untuk meredam kecemasan yang berlebihan, seperti dikutip dari besthealth, Minggu (30/12/2012) antara lain:

1. Mandi air hangat
Mandi air hangat adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menyenangkan dan menenangkan indra manusia. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak, tambahkan sedikit minyak lavender atau bunga lavender kering ke bak mandi dan berendamlah agar perasaan lebih tenang.

Bunga lavender telah digunakan selama 2.000 tahun sebagai obat untuk menenangkan saraf. Jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk mandi dan segera ingin mengatasi kecemasan, oleskan sedikit minyak lavender pada pelipis dan dahi, kemudian duduklah dengan tenang selama beberapa menit.

2. Mengatur napas
Kecemasan akan berangsur-angsur hilang hanya dengan mengatur pernapasan. Ambil napas dalam-dalam secara perlahan dalam posisi duduk, kemudian letakkan salah satu tangan di atas perut. Tariklah napas perlahan-lahan sehingga perut terasa mengembang di bawah tangan Anda, tetapi usahakan agar bahu Anda tidak naik.

Tahan napas selama empat atau lima detik, kemudian perlahan-lahan hembuskan. Ulangi teknik ini sampai Anda merasa lebih tenang.

3. Hindari minum minuman berkafein
Batasi konsumsi minuman berkafein seperti kopi, teh atau minuman bersoda ketika Anda sedang dilanda kecemasan. Studi menunjukkan bahwa orang dengan gejala kecemasan mungkin lebih sensitif terhadap kafein dibanding orang lain.

4. Latihan aerobik
Latihan aerobik adalah pereda kecemasan yang terbaik. Cobalah untuk berjalan cepat selama 30 menit untuk memacu pelepasan endorfin, bahan kimia yang berfungsi mengatasi nyeri dan meningkatkan suasana hati.

5. Meditasi
Meditasi dapat dilakukan dengan cara khusuk berdoa, merawat bunga atau bahkan mengamati pergerakan ikan di akuarium. Hal tersebut termasuk dalam kegiatan meditasi yang perlu Anda lakukan selama 15 menit beberapa kali sehari untuk mengusir kecemasan yang berlebihan.

Dengan memfokuskan perhatian pada kegiatan tersebut, Anda akan terbebas dari pikiran-pikiran yang membuat cemas.

6. Mengonsumsi vitamin B
Jika Anda sering dilanda kecemasan, cobalah untuk mengonsumsi multivitamin B-kompleks setiap hari. Studi menunjukkan bahwa tubuh membutuhkan vitamin B6 untuk membuat serotonin, kekurangan hormon ini dapat berkontribusi menyebabkan kecemasan.

Cara Meredam Rasa Gelisah dan Kecemasan Reviewed by Indahnya Islam On Selasa, 01 Januari 2013, at 01.15 Rating: 5
DMCA.comSaat ini kamu sedang membaca artikel "Cara Meredam Rasa Gelisah dan Kecemasan" by Indahnya Islam pada hari Selasa, 01 Januari 2013 waktu 01.15, dalam kategori . Kamu boleh menyebarluaskan artikel Cara Meredam Rasa Gelisah dan Kecemasan ini dengan menyertakan link sumber dari blog ini. Mudah-mudahan Artikel Mengenai Cara Meredam Rasa Gelisah dan Kecemasan yang ada di blog Bali Wooden Furniture ini bisa bermanfaat bagi semuanya.