Jumat, 09 November 2012

Cara Ternak Kenari


Ternak kenari sekarang ini sedang menjadi trend karena saat ini burung kenari sedang naik daun. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara ternak kenari dengan mudah.

Tahap pertama cara ternak kenari pembuatan kandang 

Dalam kandang kenari untuk ternak yang wajib ada di dalamnya adalah sarang, tempat pakan dan minum dan tangkringan dan untuk ukuran kandangnyaKandang dengan dimensi P x L x T = 80 x 40 x 40 (setiap kotak)

 

Tahap kedua cara ternak kenari membedakan kenari jantan atau betina: membedakan kenari jantan atau betina, dalam menentukan jenis kelamin kenari cukup sulit bagi pemula tetapi bagi hobis senior sangat mudah menentukannya mereka cukup melihat dari postur tubuh kenari walaupun dalam kasus tertentu Kadang-kadang ada kenari yang sangat sulit ditentukan jenis kelaminnya.


Adapun cirinya yaitu :
  1. Kenari jantan diusia muda ± umur 1.5 keatas sudah mulai belajar bunyi / ngriwik. 
  2. Ukuan tubuh / bodi jantan cenderung ramping (memanjang), leher agak panjang, jika betina bodi kelihatan agak bulat. 
  3. Anus jantan bila dilihat ( dengan cara ditiup agar bulu disekitar tidak menghalangi) menonjol tegak lurus /vertikal, jika betina sebaliknya / horisontal. 
  4. Jantan dewasa berbunyi nyaring

Proses Ternak.

Proses selanjutnya yaitu menyatukan kedua kenari tersebut. Adapun cirri-ciri kenari siap ternak (sudah jodoh) yaitu :
  1. pada saat jantan didekatkan dengan betina sijantan akan mengejar/menabrak sangkar dengan bunyi yang kenceng dan betinanya menggelepar-geleparkan sayapnya tanda  minta kawin.
  2. Pada saat sore hari atau menjelang tidur kenari betina dan jantan tidur berdekatan.
  3. Sewaktu-waktu antara kenari betina dan jantan saling meloloh makanan.
  4. Jika didalam sangkar betina di dikasih sarang beserta isinya, kenari betina akan menyusun atau merapihkan isi sarang, jika isi sarang sudah disusun biasanya betina siap ternak.
Dalam menyatukan kedua kenari tidak ada aturan waktu yang baku anda boleh kapan saja menyatukannya, hanya pengalaman saya waktu yang terbaik yaitu sore hari. Dengan menyatukan sore hari diharapkan pada malam hari keduanya sudah rukun sehingga pagi harinya sudah jodoh. Karena sudah mengalami masa penjodohan maka pada saat penyatuan tidak terlalu riskan berantem tetapi kita harus terus memantau karena takutnya terjadi berantem.

Setelah keduanya rukun coba perhatikan isi sarang kalau isi sarang kotor maka ganti isi sarang tersebut dan sebagian isi sarang simpan di dasar sangkar biasanya isi sarang didasar sangkar akan dipindah ke dalam sarang. Untuk memperhalus sarang kenari betina biasanya suka mencabuti bulu halus jantannya atau bulu halus dari kenari betina, biasanya jika di dalam sarang sudah ada bulu-bulu halus tandanya tidak lama lagi induk betina akan bertelor. Untuk mempercepat proses bertelor dan mengurangi mencabuti bulu halus pengalaman saya kedalam sangkar dimasukkan kapas secukupnya.

Cara Ternak Kenari Reviewed by Indahnya Islam On Jumat, 09 November 2012, at 07.54 Rating: 5
DMCA.comSaat ini kamu sedang membaca artikel "Cara Ternak Kenari" by Indahnya Islam pada hari Jumat, 09 November 2012 waktu 07.54, dalam kategori . Kamu boleh menyebarluaskan artikel Cara Ternak Kenari ini dengan menyertakan link sumber dari blog ini. Mudah-mudahan Artikel Mengenai Cara Ternak Kenari yang ada di blog Bali Wooden Furniture ini bisa bermanfaat bagi semuanya.